A T O M
AWAM TO MAHIR
BELAJAR DARI PEMULA MENJADI SEORANG PROFESIONAL

Pages

Jumat, 04 Juli 2014

Tips Bekerja Tuntas dan terkonsep

Hal yang perlu kita lakukan jika ingin tenang dalam bekerja dan beraktivitas :
Berbagai hal yang telah kita lakukan dalam menjalani hidup dan pekerjaan, berbagai permasalahan sering timbul ketika kita bekerja, ini merupakan hal yang biasa terutama jika kita bekerja tanpa adanya kejelasan pekerjaan yang kita lakukan, hal ini umum terjadi di perkantoran dimana kita bekerja hanya mengikuti perintah kerja atasan saja tanpa ada prosedur dan langkah-langkah kerja yang akan di lakukan.

Hendaknya jika bekerja itu kita harus membuat sendiri apa yang akan kita lakukan dan sampai kapan pekerjaan itu harus di selesaikan, jangan hanya mengikuti kebiasaan orang yang kita lihat, atau orang sebelum kita dalam posisi tersebut. karena jaman dan peraturan bisa saja berubah akan tetapi laporan kita tetap harus di kumpulkan sesuai dengan jadwal.

Banyak dari rekan-rekan saya yang mengatakan tidak bisa ini atau itu, padahal sebenarnya mampu tapi tidak ada niat dan kemauan, atau jika diberikan pekerjaan tidak selesai, akan tetapi ketika kita yang mengerjakan kita akan di anggap dan di cap sebagai staf yang suka mencari muka terhadap atasan (Padahal muka kita sudah ada sejak lahir jadi untuk apa lagi di cari).


Pikirkan jika kita mendapat satu pekerjaan pokok bulanan nya, kalau cuma satu ini merupakan aktivitas rutin, bagaimana jika kita dapat tugas pokok yang membutuhkan jadwal panjang ataupun pekerjaan yang banyak, kapan pekerjaan itu selesai di tambah lagi pekerjaan nya membutuhkan panduan dan update terbaru setiap bulannya, apa kita harus belajar trus atau mencari pakarnya setiap bulanannya. hal ini terlalu merepotkan, tetapi ini lah yang sering terjadi saat ini.


Tips dari saya untuk mengatasi pekerjaan yang banyak dan kontiniu :

1. Niat
2. Konsep
3. Laksanakan

1. Niat
JIka Kita ada niat untuk bekerja kita akan mencari tau dan mempelajari terlebih dahulu hal yang terpenting
"Apa, Siapa, Kapan, di Mana, Mengapa, Bagaimana" 

Apa pekerjaan nya, apa ada platihan petunjuk dalam pengerjaan 
Bagaimana cara kerjanya, bagaimana cara mengatasi masalah yang timbul
Siapa yang memberi informasi ini, siapa di hubungi jika ada problem, siapa rekanan dalam pekerjaan ini  
dimana kita bekerjanya, dimana letak bakal masalah yang akan di hadapi
Mengapa ada masalah timbul

Jika kita ada niat yang benar dan serius untuk bekerja pasti kita cari info dan mempelajarinya sebelum kita buat konsep pengerjaan dan pelaksanaan.

2. Konsep
Buatlah di atas sebuah kertas atau buku kerja kita, bagaimana prosedur pekerjaan yang akan di lakukan, kapan dimulai dimana mengerjakan, media apa yang akan di gunakan, buatkan tanggal dan tahapan pekerjaan yang akan kita lakukan siapa yang di temui kapan tahapan penyelesaian, kapan laporan di butuhkan, apa saja laporannya, dan kapan terakhir harus di selesaikan

kalau sudah kita buatkan konsep kerja dan jadwal kerja kan kita jadi lebih mudah dalam beraktivitas, dan kita tinggal mengikuti prosedur kerja yang kita buat, slebihnya ya kita tinggal revisi jika ada perubahan mendadak, akan tetapi kerja kita telah terkonsep dan tidak bingung lagi kan,

3. Laksanakan
Ikuti prosedur yang telah di buat, dan laksanakan serta terus konsultasi degan atasan kerja anda.....

Jika kita ada niat, ada konsep dan Lanksanakan, pastinya kita akan cepat dalam bekerja dan tidak bingung lagi dengan apa yang akan kita laksanakan, dan biasakan membaca manual pekerjaan anda, karena biasanya jika kita bekerja tentu ada pejunjuk pengerjaan, selebihnya carilah info sendiri di internet berserakan data yang kita butuhkan, tinggal kita ketik data yang kita cari dan tentunya mbah google akan membantu....


semoga bermanfaat

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda setiap anda membaca konten di blog ini.
Komentar anda turut menentukan kemajuan Blog ini...
Tq admin Blog..... Mpu Barata