A T O M
AWAM TO MAHIR
BELAJAR DARI PEMULA MENJADI SEORANG PROFESIONAL

Pages

Sabtu, 19 Juli 2014

Tumpang tindih Pekerjaan Operator Sekolah

Belakangan Sejak adanya ketentuan dari pemerintah bahwa tunjangan dilakukan melalui pendataan sistem online banyak menuai pro dan kontra dilapangan, kalau di pusat tidak perlu di tanyakan karena jawaban pasti sama yaitu baik-baik saja cuma koordinasi nya saja kurang.

Ujung tombak dari pendataan itu sebenarnya ada pada OPS atau yang di sebut Operator sekolah, akan tetapi pada kenyataan nya sekarang ini, semua kategori data yang dilakukan melalui komputer i katakan pekerjaan operator, mulai dari data siswa, kepegawaian, data sekolah, gaji, dana bos absen,  dll, mungkinkah semua di kerjaan oleh ops seorang.

Dari pihak kementrian yang memberikan instruksi Online sendiri tidak memberikan acuan jelas untuk real job apa saja yang di kerjaan oleh OPS tersebut dan sebutan apa untuk pekerjaa data tersebut sehingga  dilapangan akan sulit di dapat data real yang sempurna. kebanyakan hanya mengerjakan data yang penting cepat saja tanpa dapat mengerjakan data real, hal ini di sebabkan tumpang tindih nya pekerjaan data tersebut. pekerjaan yang seharusnya di kerjaan oleh beberapa orang di kerjakan oleh satu orang.

Terutama para OPS sekolah dasar yang boleh di katakan 90% yang adalah berstatus honorer atau tenaga kerja sukarela. pertanyaan sederhananya dimana yang PNS nya.

Dalam beberapa kesempatan kegiatan pelatihan singkat untuk operator beberapa aplikasi yang datang adalah Operator yang sama.
Seperti Operator dapodik, Operator dana Bos, Operator Gaji, Operator tata usaha, operator k13, PPDB online, NISN siswa, pekerjaan ini terkadang tenggat waktu pengenyelesaian nya berdekatan, kapan pekerjaan ini akan di selesaikan. bagus jika ops hanya tinggal mengetikkan data nya saja akan tetapi jika di tanya ke OPS data tetap ops juga yang mencari.

Wajar sekiranya hampir setiap semester OPS silih berganti karena tidak ada OPS yang sanggup jika mengerjakan semua seorang diri apalagi OPS nya masih berstatus tenaga suka relawan,

Harapan sederhanya jika pekerjaan ingin baik dan sempurna, tempatkanlah para staff sesuai dengan tupoksinya, jika berlebih pasti akan overloading dan sampai kapan pun tidak akan bisa di kerjakan dengan baik...

Jika penomena seperti ini terus, OPS tetap akan bekerja walaupun itu berat akan tetapi hasil pekerjaan akan tetap tidak stabil karena kelebihan muatan pekerjaan...




Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Tuliskan Komentar anda setiap anda membaca konten di blog ini.
Komentar anda turut menentukan kemajuan Blog ini...
Tq admin Blog..... Mpu Barata